/* embed JW Player Code */ /* embed JW Player Code */

Rabu, 28 Mei 2014

Hari Ini Waktu yang Tepat Luruskan Arah Kiblat

Matahari akan berada tepat di atas Kabah pada siang ini atau pukul 12.18 waktu Mekah atau 16.18 WIB.

Komunitas Astronomi Jeddah mengatakan matahari akan berada tepat di atas Kabah pada tengah hari ini. Sehingga, tengah hari waktu Mekah merupakan saat yang cocok untuk menentukan arah kiblat.

Menurut laman Arab News, Rabu 28 Mei 2014, di Arab Saudi matahari akan terbit pada pukul 05.38 pagi waktu setempat. Sang Surya akan muncul dari arah timur laut.

Pada tengah hari waktu setempat, pukul 12.18 waktu Mekah, matahari akan tepat berada di atas Kabah. Saat itu, di Jakarta jam menunjuk pukul 16.18 WIB.

Jika ingin meluruskan kiblat dengan berpatokan pada matahari yang berada tepat di atas Kabah, maka sore ini merupakan waktu yang tepat.

Hari ini matahari akan berada tepat di atas Kabah. Sumber: www.al-kanz.org

Fenomena alam ini disebut "zero shadow". Di mana tidak ada bayangan saat matahari berada di titik puncak. Kejadian ini terjadi dua kali dalam setahun. Matahari melintasi langit Masjidil Haram karena letaknya di antara Garis Katulistiwa dan Garis Balik Utara.

Karena kemiringan sumbu bumi, matahari bergerak pada 23,5 derajad lintang utara dan selatan dari ekuator. Matahari akan beredar tepat di ekuator selama masa yang disebut equinox. Kemudian matahari akan bergerak ke utara hingga mencapai garis Balik Utara dan kembali bergeser ke selatan. Sumber *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...